FUNGSI KARANGTARUNA

Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial.

(Permensos 77/2010)

Untuk itu, karang taruna mempunyai fungsi:

  1. mencegah timbulnya masalah kesejahteraan sosial, khususnya generasi muda;
  2. menyelenggarakan kesejahteraan sosial meliputi rehabilitasi, perlindungan sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial dan diklat setiap anggota masyarakat terutama generasi muda;
  3. meningkatkan Usaha Ekonomi Produktif;
  4. menumbuhkan, memperkuat dan memelihara kesadaran dan tanggung jawab sosial setiap anggota masyarakat terutama generasi muda untuk berperan secara aktif dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial;
  5. menumbuhkan, memperkuat, dan memelihara kearifan lokal; dan
  6. memelihara dan memperkuat semangat kebangsaan, Bhineka Tunggal Ika dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Pasal 6 Permensos 77/2010)

Serta:

  1. pengembangan kreatifitas remaja, pencegahan kenakalan, penyalahgunaan obat terlarang (narkoba) bagi remaja; dan
  2. penanggulangan masalah-masalah sosial, baik secara preventif, rehabilitatif dalam rangka pencegahan kenakalan remaja, penyalahgunaan obat terlarang (narkoba) bagi remaja. (Pasal 17 Permendagri 5/2007)

IMG-20171018-WA0004

Foto: Ketua Karangataruna Ismail Dede Sumanto beserta Babinsa, Babinkamtibmas dan Perangkat Desa

Melihat tugas dan pokok dan fungsi karangtaruna menurut permensos dan permendagri diatas,  Karangtaruna Desa seyogyanya menguatkan kapasitasnya baik melalui pelatihan maupun study banding.Penguatan kapasitas mutlak diperlukan agar karangtaruna desa mampu mengemban tugas dan fungsinya sesuain peraturan yang ada.

Untuk itu di APBDes 2018 ini Pemerintah Desa Kalimas Menganggarkan Pelatihan PENINGKATAN KAPASITAS KELOMPOK PEMUDA KARANG TARUNA dari Dana Desa. (Admin)

 

Refrensi

http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt52ef26d6b1e2e/dasar-hukum-karang-taruna diakses pada Selasa (30/1) Pukul 16.04 WIB

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *